RSS

Kamis, 19 November 2009

Sendiri dulu


Akhirnya terbuka juga walaupun kejujuran itu terlambat setelah terulang tuk kedua kalinya, aku tak mau menipu diriku tuk mengatakan tak apa-apa, sungguh harus ku katakan bahwa ini sangat fatal.

Hidup itu pilihan bahkan orang bijak mengatakan "Sukses ditentukan pada pilihan yang tepat bukan hanya pada kesempatan" maka tanyalah HATI mu mana dirasa lebih damai dan nyaman. Sungguh yang mengatur dan menentukan hidupmu adalah dirimu sendiri, akupun sebagai orang terdekatmu tak bisa sama sekali mengatur hatimu dan tak pernah pasti mengetahui gejolak hatimu.

Cukuplah kesedihan yang sangat menyempitkan hatiku belakangan ini, saatnya kini berserah, melapangkan pikiran dan hatiku tuk mengembalikan hal ini kepadaMU, ENGKAU lah yang atur dan lebih tahu pilihan terbaik untukku, ENGKAU lah penentu hasil dari suatu usaha.

Baru terasa bahwa memang ENGKAU tidak akan memberikan cobaan diluar kemampuan seseorang, moga moga perjuangan tuk jadi pejuang ikhlas makin mudah ku jalani dan makin mudah membuka kunci Ikhlas kapanpun aku mau.

Jumat, 23 Oktober 2009

Sedikit curahanku


Saya sudah merasa begitu damai di zona Ikhlas ini, tapi kau datang dengan kalimat yang selalu membuat mataku berkaca dan sekuat hati ku tahan agar tak jatuh mengalir di pipiku. Kau harus tau bahwa memberi pujian adalah salah satu bentuk rasa cinta, mengapa sih rasa ego itu harus kau jaga di depanku, coba kau lihat lagi di sekitar hidupmu, terlalu banyak hal2 yang tak bisa begitu saja kau lewatkan tanpa rasa syukur yg begitu dalam karena telah diberikan begitu banyak nikmat. Coba kau ingat2 lagi pernahkan terucap dariku sesuatu hal yg kesannya menyepelekanmu ? saya selalu memberimu keleluasaan tuk mengekspresikan dirimu, silahkan bila itu baik dan kau senang melakukannya. Coba pikirkan juga pernahkan ada tuntutan dari saya yang memberatkanmu ?

Kalau memang kau selalu merasa bahwa pemahaman kita berbeda, kau pun harus sadar bahwa kita memang dua anak manusia yang berbeda yang semestinya adalah saling mengerti dan memahami dan berpikir jernih utk semua perbedaan yg kita miliki karena pemahaman atas sesuatu yang kita ambil berasal dari sumber yg berbeda.

Bagaimana mungkin kita mau dengan seenaknya meminta lebih padahal kita sama sekali ga pernah memberi lebih, egois kan namanya, bukankah kau tahu bahwa apapun yang kita lakukan baik itu kebaikan maupun kejahatan adalah semua utk diri kita sendiri, semua akan kembali ke diri kita sendiri.

Syukurilah apa yang telah jadi milik kita karena Allah berjanji akan memberi lebih, dan bentuk rasa syukur adalah menjaganya dengan sebaik-baiknya.

Satu pesanku belajarlah lebih giat tuk melatih diri selalu bersyukur.
Semoga hatiku makin dipenuhi dengan kesabaran dan keikhlasan menerima proses kehidupan ini dan semakin yakin dengan pertolonganNYA dan semua rencana baikNYA di hidupku, AMIN.

Minggu, 11 Oktober 2009

Ponakanku yang cantik

Rasanya baru sebulan lebih saya melihatmu begitu ceria menghadiri pernikahan sepupumu, tak ada yang ganjil dari kesehatanmu melihat keadaan tubuhmu yang begitu segar dan padat, kau begitu cepat akrab sayang dengan keluargamu yang mungkin saja baru lagi kau melihatnya di acara keluarga kita itu. Kau begitu semangat minta pertolongan om kamu untuk dibuatkan ABSTRAK dalam kelengkapan skripsimu, kemudian saya meminta tuk melihat skripsi yang kau bawa serta di acara itu trus saya mengomentari judul skripsimu yang kelewat panjang itu dan kamu mengatakan bahwa ga ada kata yang bisa dihapus di judul itu karena semua kata2 nya menunjang tuk keutuhan judul itu.

Setelah sebulan berlalu saya mendengar kabar kamu tiba2 pingsan tak sadarkan diri dan kemudian masuk rumah sakit, saya sempat bertanya ke keluarga apa yang terjadi dan saya mendapat jawaban bahwa sel darah putihmu melebihi kadar normal, saat itu saya sempat mengatakan bahwa itu gejala yang sangat2 berbahaya dan beberapa hari kemudian saya mendengar kabar bahwa dokter memvonismu LEUKIMIA, dan para keluarga mengatakan bahwa kondsimu sudah sangat2 mengkhawatirkan, mengapa penyakit seperti itu baru terdeteksi setelah stadiumnya tinggi? seperti tak percaya mengingat keceriaanmu waktu itu.

Setelah kondisimu tetap mengkhawatirkan walaupun sdh diopname beberapa hari di rumah sakit, pihak keluargamu memindahkan ke rumah sakit di daerah lain yang mungkin saja peralatannya lebih canggih dan para dokternya mungkin lebih kompeten menangani penyakitmu, saya mendengar cerita bahwa kamu sudah bisa duduk dan mulai ceria lagi.

Tapi mungkin Allah lebih menyayangimu sayang karena kemudian saya menerima pesan singkat bahwa engkau telah meninggalkan dunia ini selamanya. Engkau pergi begitu cepat dan baru saja merampungkan kuliahmu walaupun ga sempat lagi mengikuti acara wisuda karena penyakit yang tiba2 merenggut keceriaanmu.

Saya tau bahwa kesedihanku tak sebesar kesedihan ayah dan ibumu yang telah membesarkanmu dengan penuh kasih sayang dan berharap kelak bisa melihatmu memasuki dunia kerja dan menikah. Saya hanya bisa mengucap kata "Sabar yah kak"

Saya tahu bahwa waktu adalah obat yang paling mujarab tuk menyembuhkan kesedihan, dan berusaha tuk ikhlas menerima ketetapanNYA, karena semua itu adalah titipan.

Semoga kamu mendapat tempat yang lapang dan indah di sisiNYA, AMIN.

Minggu, 04 Oktober 2009

Kesehatanku

Setelah mengalami sakit kurang lebih sebulan, baru menyadari bahwa selama ini kurang menyayangi diri sendiri, dulu merasa baru saja mau terkena gejala flu berupa bersin2 dan tenggorokan ga enak langsung konsumsi obat flu, terkena sakit kepala ga mikir dulu langsung minum obat sakit kepala, rasa2 nya obat2 itu gampang saja saya konsumsi padahal itukan obat kimia yang mungkin saja akan berakibat buruk bagi tubuh bila telalu sering dikonsumsi, dan satu hal lagi yg merupakan kebiasaan buruk saya adalah malas makan malam apalagi kalau sdh ngantuk dan akhirnya dokter mengatakan saya terserang gangguan pencernaan.

Lengkaplah dalam sebulan lebih itu konsumsi segala macam obat kimia yg diberikan dokter.

Saya punya ponakan yg walaupun terkena demam, flu sampe hidung meler berhari-hari tetap saja dia ga mau minum obat yg dgn bebasnya beredar di pasaran, katanya tubuh itu punya daya tahan sendiri dan punya kemampuan tuk melawan virus atau penyakit yg masuk ke dalam dirinya, yang dia lakukan sederhana saja yaitu istrahat yang cukup, banyak2 konsumsi air putih, makan buah2an dan doppingnya yang lain adalah minum susu.

Jadi tertarik tuk ikut gaya hidupnya, sekarang yg namanya obat flu, obat sakit kepala sebisa mungkin saya ga konsumsi lagi, lebih berfokus pada memberikan waktu tuk tubuh istirahat dan melatihnya utk lebih kebal terhadap serangan penyakit dan yang pastinya meninggalkan kebiasaan buruk malas makan malam kemudian lebih mencintai tubuh sendiri dgn melakukan pola hidup sehat.

Ternyata dibuku Quantum Ikhlas juga ada disebutkan bahwa "tubuh itu bisa menyembuhkan dirinya sendiri" dan kita sebagai manusia harus percaya & meyakini itu dengan segenap pikiran dan perasaan yg kita miliki karena Allah menciptakan tubuh manusia dengan segala kesempurnaannya.

Senin, 14 September 2009

Energi Cinta

Berbicara ttg Cinta mungkin tak akan pernah habis hingga akhir dunia
Menurut Rhonda Byrne di buku "The Secret" Cinta merupakan energi yg paling tinggi di alam semesta qta ini, jadi semua hal yg dilakukan dengan perasaan cinta hasilnya akan indah dan memiliki nilai.

Saking kuatnya energi cinta banyak jg yg tak mampu lagi tuk berpikir waras dan memilih tuk mengakhiri hidup bahkan banyak jg yg saling bertikai hingga akhirnya ada yg keluar sbg pemenang dan yg lain mengalami kekalahan bahkan bisa jd korban, apa yg terjadi dgn mereka2 itu yh ??? mungkin energi cinta yg mereka miliki terkuasai oleh energi negatif yg ada dlm dirinya.

Jadi teringat ketika dulu masih mencari2 siapa yg kelak menjadi belahan jiwa dan teman hidup, bertemu seseorg dan kemudian ada rasa cinta hingga kemudian pergi n rasanya kehilangan dan melahirkan rasa sakit hati tp kemudian berpikir bahwa Allah telah menyediakan yg terbaik, setiap hubungan yg terjalin n menimbulkan rasa sakit hati selalu pada akhirnya berpikir ada yg terbaik yg Allah telah sediakan, dan memang sesuatu itu indah pada waktunya.

Syukur ga masuk dlm golongan org2 yg mengakhiri hidup karena cinta yah, justru memaknai energi cinta itu sbg suatu energi yg memberi spirit, kekuatan, kreatifitas, rasa mengasihi sesama n yg baik2 aja deh.

Jadi ingat jg pernah baca di sebuah tabloid yg mengatakan bahwa bolehlah kita jatuh cinta sampai berapa kalipun tapi tetap dengan org yg sama, indah banget dan romantis banget, jd ga ada kata pisah dong kecuali kematian.

Tapi tetap aja yh CINTA tuh memang unik banget.

Rabu, 09 September 2009

Tentang pikiran & perasaanku

Akhirnya saya selesai jg membaca buku Quantum Ikhlas Edisi I punya p’ Erbe Sentanu, kaset CD nya sih dengernya tiap pagi sebelum mulai kerja, mmg yah membaca tanpa mendengar kasetnya mmg tdk bnyk memberi pengaruh pdhl isi CD nya hanya suara2 spt air yg mengalir n suara2 spt apa yh agak sulit dikatakan, tp ternyata bisa memberi pengaruh tuk otak dan menyetel otak tuk slalu berada di zona Alfa dimana katanya saat berada di zona alfa otak kiri dan otak kanan saling berkolaborasi alias bekerja sama alias terjadi harmoni / keseimbangan, dimana keadaan ini adalah keadaan dimana pikiran dan perasaan penuh kedamaian. Bila keadaan ini terus menerus dilatih dan dipertahankan maka pribadi yg bersangkutan akan mudah tuk berkomunikasi dgn sang penciptanya.


Tadi siang sih pergi ke toko buku tuk cari edisi lanjutannya, tapi kehabisan, yg ada cuma yg sampul ekslusif yg agak mahal, trpaksa saya tunda aja dulu tuk membeli walaupun rasanya ingin tuk lebih permantap pemahaman tentang Ikhlas krn rasanya sy blm maksimal mempraktekkan dlm keseharian [kan mmg butuh proses].


Ada
seorang pembaca buku Quantum Ikhlas mengatakan bahwa buku karangan P’ Erbe nih adalah kunci rahasianya The Secret. krn dia telah lama mengagumi film “the Secret” ternyata dibuku Quantum Ikhlaslah dia menemukan kunci rahasianya, kl sy sih bagusnya dibaca keduanya [The Secret by. Rhonda Byrne & Quantum Ikhlas By. Erbe Sentanu], keduanya sungguh menggugah rasa ingin tau dan pembuktian pada diri sendiri.


Hukum tarik menarik semesta bahwa “yang sejenis menarik yg sejenis” sdh banyak yg terjadi di hidupku dan serasa tiap hari menemukan keajaiban yg membuat semakin bersyukur dan mengikatnya dlm bentuk ucapan ‘Alhamdulillah”


Ikhlas dimana komponennya adalah “syukur, sabar, fokus, tenang & bahagia” indahnya semua perasaan itu bila qta slalu menempatkan diri tuk berada di Zona tersebut.


Memang yah Sukses & Bahagia itu adalah pilihan, jd masa’ sih qta mau milih tuk ga sukses n ga bahagia ???

Senin, 31 Agustus 2009

Temanku yg Emosional

Alangkah ga enaknya yh kl tiada hari tanpa marah, pastinya detak jantung ga beraturan mulu, pastinya ujung2nya stres dan akhirnya menimbulkan penyakit deh.

Sy punya teman yg seperti itu, jobnya sih selesai tp selalu di selingi dgn gerutuan dan kemarahan, kadang saking kesalnya sampe lempar benda segala tuk lampiaskan emosinya. Sy jd mikir nih orang capeknya jadi double, dah capek kerja tambah lg capek perasaan, gimana bisa rasa damai dan bahagia yh org spt bgt.

saya jd kasian, tp mo di nasehati jg orgnya keras kepala, ga mau dengar masukan dr yg lain, bicara ga mau dikalah yah cuma liat n dengar sj jadinya.

Seandainya dia mau melihat ke dlm dirinya sendiri, seandainya dia mau sedikit meluangkan wktx tuk bertanya dan menilai diri sendiri, mungkin sj dia akan sadar bahwa alangkah ga enaknya sekian banyak wkt dia lewatkan hanya menurutkan emosi negatif yg dia nampakkan dgn melampiaskannya, yah moga aja di beri hidayah.

Orang pandai belajar dari pengalaman dirinya sendiri, tp orang bijaksana belajar dari pengalaman dirinya sendiri dan dari pengalaman org lain sehingga dia ga perlu membayar mahal sebuah pengalaman, dr org2 yg slalu melampiaskan emosi sy bisa petik pelajaran n semakin menyadari bahwa hukum tarik menarik semesta itu sungguh menakjubkan yh, kl sj teman2 ku itu tau bahwa mereka sendiri yg memanggil keadaan yg tdk menyenangkan itu ke dlm dirinya, andai mereka tau n ngerti.

Intinya lg banyak banget mengucap syukur, Alhamdulillah nikmatnya karuniamu ya Allah, menjadi manusia yg Engkau beri hati tuk dpt mengerti n slalu mencoba tuk menemukan hikmah di balik semua ciptaanMu, jd ingat kata p' Erbe di buku Quantum Ikhlas bahwa bahagia itu adalah qta sendiri yg menentukan, jd pilihlah tuk bahagia dlm situasi apapun, mmg sih lagi2 butuh proses [begitulah hidup selalu ada proses], jd teringat jg saya dulu pernah baca sebuah kolom spt serambi gitu, bahwa proses hidup tuh mesti di nikmati, dari qta bayi hingga qta dewasa dan menjadi tua kemudian kembali kepadaNYA, krn ga ada kan yg mau baru lahir trus menjadi tua, ato baru lahir trus langsung meninggal, pastinya ingin hal2 yg baik, pastinya ingin hidup bahagia krn mmg Allah menciptakan manusia itu tuk bahagia [kalo yg blm ngerti sih pasti ga percaya].

Jadi mulai skrg belajarlah tuk menyetel perasaan di zona BAHAGIA, mo kerjaan banyak kek nikmati aja kan kerja itu ibadah toh apalg d bulan Ramadhan, jd berlipat ganda tuh pahalanya, jgn pake emosi dong nnti makruh deh puasanya bahkan bisa batal lho.







Rabu, 26 Agustus 2009

Perasaan yang indah

Malam kmarin pas malam ke lima ramadhan baru tergerak k mesjid tuk taraweh, wah ternyata mesjid yg dulunya rajin ku datangi setiap Ramadhan smakin bersolek indah, dulu sih sy boleh dibilang rajin taraweh walau pergi sendiri tak menghalangi niat tuk ke mesjid krn pulangnya pasti rame2 ma jamaah lainnya.
Tapi tau ga dulunya itu walau rajin tp bawaannya taraweh jd suatu hal yg bikin capek, mungkin krn belum mengerti n belum menjalankan yg namanya IKHLAS.

Satu hal yg membuatku kagum n bahagia lg adalah 2 keponakanku yg antusias banget k mesjid walau msh kecil, bahkan yg bungsu itu puasa aja blm bisa, maklum baru umur 4 tahun, awalnya ortunya takut kl nantinya dia minta pulang ato ngantuk d mesjid, tp pas malam kmarin itu ponakanku itu perginya sama sy, wah ga nyangka semua gerakan org dewasa dia ikut sj walau ga tau bacaanx apa, suka2 sj apa yg dia tau, moga2 jd anak yg sholeh yah sayang.

Saya jg merasakan hal yg lain di hati, taraweh semalam rasanya nikmat walau pulang terasa agak keringat, rasanya ada perasaan memanggil tuk kembali n kembali hadir ke mesjid, ada perasan lega banget krn telah mengalahkan rasa malas yg selalu ada saat qta memulai sesuatu, perasaan lega itu yg kemudian membuatku kembali bersyukur dlm hati, smoga ini adalah hikmah dr perjuanganku tuk menuju ikhlas, n slalu dlm tuntunanMu Ya Allah.

Saya yakin Ya Allah bahwa bersyukur atas nikmatMu adalah jalan menuju tuk mendapatkan lebih banyak lg kenikmatanMu, sama spt sy meyakini bahwa memberi itu = menerima, bahwa dgn memberi berarti sy merasa dlm keadaan berlebih, dgn berbagi pun adalah jalan menuju limpahan rahmatMu.


Rabu, 19 Agustus 2009

Ceritaku

Kmarin sy agak trbawa emosi, tp cepat2 mo dihilangkan dgn mencoba praktek sedona method gitu, mencoba merasa bahwa emosi ini ga enak rasanya, makanya hrs cepat dilepas pergi jauh, blm terlalu mahir sih coba metode ini maklum baru tahap mencoba.

Lumayan jg sih agak enakan dan mulai mncerna kembali awal kemarahan terjadi, ah jd merasa malu aja pd diri sendiri, ternyata memang hrs latihan terus nih dgn CD QI p' Erbe.

Banyak yg bilang kesabaran manusia itu ada batasnya, tp tau ga yg semestinya itu ga ada batasnya krn sebenarnya sabar itu bukan suatu kelemahan tp merupakan kekuatan yg sangat dahsyat bila terus2 dilatih krn Allah beserta orang2 yg sabar lho, klo d dampingi ma manusia baik itu teman, suami ato istri qta merasa punya kekuatan n kepercayaan diri gimana coba klo dah MAHA PENCIPTA yg mendampingi qta apalagi yg mesti qta takutkan?

Biarkanlah emosi negatif itu pergi jauh krn menyimpannya hanya akan menciptakan bom waktu yg sewaktu-waktu bisa meledak, biarkan emosi negatif itu terbang jauh sesukax krn perasaan damai lbh indah tuk dipelihara.

Mmg sih kl mo sabar trus msh ada emosi terpendam agak sulit jg, tp wajar itu terjadi, nikmati aja dl sambil terus belajar melepas emosi negatif yg ada tp bukan dgn cara melampiaskan krn melampiaskanx pun akan membuat jantung berdetak kencang n ga nyaman yg akhirnya bukan damai yg hadir apalg kl punya penyakit jantung bisa2 lngsung deh TAMAT, semua itu mmg butuh proses, dan proses yg sy jalani dah mulai terasa di hati.

Alhamdulillah dgn kesabaran yg terus dilatih jd merasa lbh bersyukur dr yg kmarin2, syukur banget dgn semua yg telah diraih n diberi dlm kehidupan, skrg saya hrs berusaha tuk yakin bahwa dengan pertolongan Allah semua keinginan akan terwujud melalui keajaiban2 yg tak disangka sebelumnya krn Allah lah yg berkehendak.